Minggu, 19 Januari 2014

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH PRAKTEK


KISI-KISI UJIAN PRAKTEK KELAS IX
SMP ISKANDAR SAID (Terakreditasi “A”)

TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MATA PELAJARAN                 : PENJASORKES
no
KOMPETENSI
URAIAN KEGIATAN PRAKTEK
1
KOMPETENSI DASAR
a.       Senam kebugaran jasmani
b.      Permainan Olahraga
c.       Atletik
d.      Renang

ALAT :
a.       Skipping, matras, bola tenis
b.      Bola volley, net
c.       Kapur lintasan, stopwatch
d.      Kolam renang


2
INDIKATOR:
a.       Push up, sit up, back up, shuttle run, lompat tali
b.      Passing bola volley, servis bawah, servis atas
c.       Lari jarak jauh (1200m)
Lari jarak pendek ( 100m)
d.      Renang Gaya Bebas


LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN:
a.       Setiap kegiatan kebugaran jasmani dilakukan dengan waktu 30 detik
b.      Pada kegiatan pasing bawah siswa melaksanakan dengan rentan waktu 2 menit, dan pada kegiatan servis bawah dan servis atas setiap siswa mendapatkan kesempatan sebanyak 10 kali pukulan
c.       Pada kegiatan lari jarak jauh dan jarak pendek siswa dituntut lari dengan kecepatan yang maksimal
d.      Pada kegiatan renang gaya bebas, siswa harus mampu melaksanakan renang dengan jarak 50 meter
3
RUBRI PENILAIAN
A.      Banyaknya hasil yang diperoleh siswa dengan waktu yang telah ditentukan
B.      Banyaknya hasil yang diperoleh siswa dengan waktu yang telah ditentukan, tetapi untuk servis, bola yang dapat melewati net dan tepat di dalam lapangan siswa memperoleh nilai 10
C.      Untuk penilaian atletik siswa ditentukan oleh waktu yang diperoleh
D.      Untuk penilaian renang siswa ditentukan oleh waktu yang diperoleh




MATA PELAJARAN                 : ILMU PENGETAHUAN ALAM (BIOLOGI)
no
KOMPETENSI
URAIAN KEGIATAN PRAKTEK
1
KOMPETENSI DASAR
Mendiskripsikan cirri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan


ALAT : -

BAHAN: berbagai macam jenis tanaman
2
INDIKATOR:
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan cirri-cirinya


LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN:
1.       Mengelompokkan tanaman berdasarkan cirri-cirinya
2.       mencatat hasil kegiatan pada lembar kerja siswa

3
ASPEK-ASPEK PENILAIAN
1.       Team work (keaktifan bekerjasama dalam melaksanakan praktikum sesuai dengan prosedur dalam modul ujian praktikum)
2.       Penilaian individu (tugas tertulis dari data hasil uji praktikum)
Skor penilaian:
A= 81 -90
B= 60 -80
C=70 -75






MATA PELAJARAN                 : ILMU PENGETAHUAN ALAM (FISIKA)
no
KOMPETENSI
URAIAN KEGIATAN PRAKTEK
1
KOMPETENSI DASAR
Memahami konsep-konsep dan penerapan getaran, gelombang, bunyi dan optic dalam produk teknologi sehari-hari


ALAT  DAN BAHAN:
1.       Statip 1 set
2.       Bandul ayunan 1 buah
3.       Penggaris
4.       Benang
5.       Stopwatch
6.       Busur derajat

2
INDIKATOR:
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang




LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN:
1.       Susunlah alat-alat seperti pada gambar




    






2.       Tariklah sedikit bandul ayun tersebut, kemudian anda lepaskan
3.       Ulangi kegiatan tersebut dengan rincian seperti pada tabel dengan sudut 30
4.       Masukkan data dari hasil percobaan anda kedalam table
no
Panjang tali
waktu
Banyak ayunan
Frekuensi(f)
Periode(T)
1
30 cm
5 detik

hz
s
2
30 cm
10 detik

hz
s
3
50 cm
5 detik

hz
s
4
50 cm
10 detik

hz
s
3
ASPEK-ASPEK PENILAIAN
Pertanyaan:
1.       Apakah yang dimaksud dengan getaran?
2.       Apakah amplitudo itu
3.       Berapakah frekuensi rata-rata untuk percobaan no 1 dan 2
4.       Berapakah rata-rata periode untuk percobaan 1 dan 2?







MATA PELAJARAN                 : SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN
no
KOMPETENSI
URAIAN KEGIATAN PRAKTEK
1
KOMPETENSI DASAR
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa nusantara dan mancanegara di luar Asia

ALAT : pensil, penggaris, penghapus, crayon, cat air, pensil warna dan lain-lain.

BAHAN: kertas A4
2
INDIKATOR:
1.       Menggunakan komposisi dalam membuat lukisan
2.       Menggunakan alat dan bahan untuk melukis
3.       Membuat sketsa sebagai persiapan melukis
4.       Melukis dengan berbagai teknik dan gaya
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN:
1.       Siswa menyediakan alat dan bahan
2.       Memilih teknik dan gaya lukisan
3.       Siswa membuat sketsa lukisan
4.       Menggambar sketsa dengan teknik lukis yang dipilih
5.       Mewarnai gambar
6.       Menentukan aliran lukisan
7.       Menuliskan identitas pelukis: nama, no peserta, dan kelas
8.       Mengumpulkan karya lukis
3
ASPEK-ASPEK PENILAIAN
1.       Keindahan 2,5 poin
2.       Kerapihan 2,5 poin
3.       Ketepatan teknik dan gaya 2,5 poin
4.       Pewarnaan 2,5 poin

 Nilai = jumlah poin yang diperoleh
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar