KISI-KISI UJIAN PRAKTEK KELAS IX
SMP ISKANDAR
SAID (Terakreditasi “A”)
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
MATA PELAJARAN : PENJASORKES
|
no
|
KOMPETENSI
|
URAIAN KEGIATAN PRAKTEK
|
|
1
|
KOMPETENSI
DASAR
a.
Senam
kebugaran jasmani
b.
Permainan
Olahraga
c.
Atletik
d.
Renang
|
ALAT :
a.
Skipping,
matras, bola tenis
b.
Bola
volley, net
c.
Kapur
lintasan, stopwatch
d.
Kolam
renang
|
|
2
|
INDIKATOR:
a.
Push
up, sit up, back up, shuttle run, lompat tali
b.
Passing
bola volley, servis bawah, servis atas
c.
Lari
jarak jauh (1200m)
Lari jarak pendek ( 100m)
d.
Renang
Gaya Bebas
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN:
a.
Setiap
kegiatan kebugaran jasmani dilakukan dengan waktu 30 detik
b.
Pada
kegiatan pasing bawah siswa melaksanakan dengan rentan waktu 2 menit, dan pada
kegiatan servis bawah dan servis atas setiap siswa mendapatkan kesempatan
sebanyak 10 kali pukulan
c.
Pada
kegiatan lari jarak jauh dan jarak pendek siswa dituntut lari dengan
kecepatan yang maksimal
d.
Pada
kegiatan renang gaya bebas, siswa harus mampu melaksanakan renang dengan
jarak 50 meter
|
|
3
|
RUBRI PENILAIAN
A. Banyaknya hasil yang diperoleh siswa
dengan waktu yang telah ditentukan
B. Banyaknya hasil yang diperoleh siswa
dengan waktu yang telah ditentukan, tetapi untuk servis, bola yang dapat
melewati net dan tepat di dalam lapangan siswa memperoleh nilai 10
C. Untuk penilaian atletik siswa ditentukan
oleh waktu yang diperoleh
D. Untuk penilaian renang siswa ditentukan
oleh waktu yang diperoleh
|
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
(BIOLOGI)
|
no
|
KOMPETENSI
|
URAIAN KEGIATAN PRAKTEK
|
|
1
|
KOMPETENSI
DASAR
Mendiskripsikan
cirri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup serta pentingnya pelestarian
makhluk hidup dalam kehidupan
|
ALAT : -
BAHAN:
berbagai macam jenis tanaman
|
|
2
|
INDIKATOR:
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan cirri-cirinya
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN:
1.
Mengelompokkan
tanaman berdasarkan cirri-cirinya
2.
mencatat
hasil kegiatan pada lembar kerja siswa
|
|
3
|
ASPEK-ASPEK PENILAIAN
1.
Team
work (keaktifan bekerjasama dalam melaksanakan praktikum sesuai dengan
prosedur dalam modul ujian praktikum)
2.
Penilaian
individu (tugas tertulis dari data hasil uji praktikum)
Skor penilaian:
A= 81 -90
B= 60 -80
C=70 -75
|
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM (FISIKA)
|
no
|
KOMPETENSI
|
URAIAN KEGIATAN PRAKTEK
|
||||||||||||||||||||||||||||||
|
1
|
KOMPETENSI
DASAR
Memahami konsep-konsep
dan penerapan getaran, gelombang, bunyi dan optic dalam produk teknologi
sehari-hari
|
ALAT DAN BAHAN:
1.
Statip
1 set
2.
Bandul
ayunan 1 buah
3.
Penggaris
4.
Benang
5.
Stopwatch
6.
Busur
derajat
|
||||||||||||||||||||||||||||||
|
2
|
INDIKATOR:
Menentukan besaran
fisis pada getaran atau gelombang
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN:
1.
Susunlah
alat-alat seperti pada gambar
2.
Tariklah
sedikit bandul ayun tersebut, kemudian anda lepaskan
3.
Ulangi
kegiatan tersebut dengan rincian seperti pada tabel dengan sudut 30
4.
Masukkan
data dari hasil percobaan anda kedalam table
|
||||||||||||||||||||||||||||||
|
3
|
ASPEK-ASPEK
PENILAIAN
Pertanyaan:
1.
Apakah
yang dimaksud dengan getaran?
2.
Apakah
amplitudo itu
3.
Berapakah
frekuensi rata-rata untuk percobaan no 1 dan 2
4.
Berapakah
rata-rata periode untuk percobaan 1 dan 2?
|
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN
|
no
|
KOMPETENSI
|
URAIAN KEGIATAN PRAKTEK
|
|||
|
1
|
KOMPETENSI
DASAR
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan
dari beragam unsur seni rupa nusantara dan mancanegara di luar Asia
|
ALAT :
pensil, penggaris, penghapus, crayon, cat air, pensil warna dan lain-lain.
BAHAN: kertas
A4
|
|||
|
2
|
INDIKATOR:
1. Menggunakan komposisi dalam membuat
lukisan
2. Menggunakan alat dan bahan untuk melukis
3. Membuat sketsa sebagai persiapan melukis
4. Melukis dengan berbagai teknik dan gaya
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN:
1.
Siswa
menyediakan alat dan bahan
2.
Memilih
teknik dan gaya lukisan
3.
Siswa
membuat sketsa lukisan
4.
Menggambar
sketsa dengan teknik lukis yang dipilih
5.
Mewarnai
gambar
6.
Menentukan
aliran lukisan
7.
Menuliskan
identitas pelukis: nama, no peserta, dan kelas
8.
Mengumpulkan
karya lukis
|
|||
|
3
|
ASPEK-ASPEK
PENILAIAN
1.
Keindahan
2,5 poin
2.
Kerapihan
2,5 poin
3.
Ketepatan
teknik dan gaya 2,5 poin
4.
Pewarnaan
2,5 poin
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar